Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak

0
48

Adakah seorang ibu atau ayah yang tidak ingin anaknya tumbuh sehat? Tentunya tidak ada. Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan sempurna. Hal tersebut bahkan telah dijaga dari sejak usia janin hingga di lahirkan kedunia dengan selamat, lengkap, dan sehat.

Ketika anak jatuh sakit, hati orang tua akan gundah gelisah. Bahkan orang tua berharap agar penyakit yang diderita anaknya berpindah kepada dirinya. Anak-anak Memang sangat rentan terhadap penyakit, karena sistem kekebalan pada tubuhnya masih sangat lemah.

Rata-rata anak pasti akan sakit apabila sedang bertumbuh kembang seperti tumbuh gigi dan semacamnya. Sakit yang di sebabkannya seperti demam, bintik-bintik, flu, dan lain sebagainya.

Tapi jika ibu yang sudah berpengalaman, tentu tidak akan terlalu khawatir lagi dengan sakit yang dialami anaknya.

Menjaga kesehatan anak adalah hal yang sangat penting, untuk perkembangannya dan masa dewasanya nanti. Karena, banyak juga penyakit yang aktif ketika si anak sudah dewasa. Dan hal tersebut akan sangat berpengaruh pada masa depannya.

Sebagai ibu, anda harus sangat waspada terhadap kesehatan anak anda dimulai dari ia bayi.

Penuhi Kebutuhan ASI

ASI berperan penting terhadap kesehatan dan pertumbuhan anak. ASI diberikan mulai dari anak berumur 1 hari hingga 2 tahun. ASI memiliki banyak kandungan yang di butuhkan oleh tubuh anak seperti protein, laktosa, karbohidrat, lemak, air, vitamin dan mineral.

Jaga Pola Makan

Penting untuk anda menjaga pola makan si kecil. Anak-anak biasanya tidak terlalu suka makan, kecuali jika sudah sangat lapar. Untuk itu, anda perlu mencari ide-ide untuk membuat si kecil ingin makan. Coba saja dengan membuat beberapa kreasi pada makanannya. Usahakan agar setiap hari kreasi makanan berubah-ubah, agar si kecil tidak bosan.

Utamakan Kebersihan

Kebersihan adalah hal yang paling utama untuk membunuh kuman dan bakteri. Jika si kecil bermain di area yang kotor, maka tubuhnya akan sangat mudah terserang bibit penyakit. Tempat yang kotor adalah sarang bakteri, virus, cacing, dan penyakit lainnya.

Utamakan agar lantai rumah anda bersih dari kuman. Karena lantai rumah adalah tempat utama dimana anak-anak berman, dari bayi yang hanya merangkak hingga bisa berjalan.

Cukup Tidur

Pexels Images

Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam sehari yang dibagi menjadi 8 jam tidur siang dan 8,5 jam tidur malam. Pola tidurnya pun tidak beraturan, bisa dari beberapa menit hingga beberapa jam pada suatu waktu. Si Kecil biasanya hanya akan sering bangun untuk menyusu.

Baca jugahttps://www.bloganak.com/dampak-buruk-anak-kecil-yang-kurang-tidur/

Sedangkan anak-anak membutuhkan waktu tidur sekitar 12-15 jam perhari. Tidur dimalam hari sekitar 8 jam, dan selebihnya, anda bisa menidurkan mereka di siang hari untuk mencukupi waktu tidurnya.

Tubuh akan berkembang ketika manusia tidur. Maka dari itu anak-anak haru cukup tidur, karena tubuh mereka berkembang cepat setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here