Makanan Tinggi Gizi untuk Balita

0
244

Pernahkah anda meilihat seorang balita yang mengidap penyakit berbahaya karena kekurangan gizi? Tentunya anda tidak ingin hal tersebut menimpa buah hati anda bukan? Jadi, mulailah untuk memberikan yang terbaik untuk anak anda.

Sebagai orang tua, anda harus mampu mencukupi kebutuhan gizi anak anda. Masa balita adalah periode perkembangan fisik dan mental yang pesat. Pada masa ini, otak balita telah siap menghadapi berbagai stimulasi seperti belajar berjalan dan berbicara lebih lancar.

Para ahli nutrisi menganjurkan, para orang tua sebaiknya memilih beberapa jenis makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak mereka. Beberapa jenis makanan diketahui dapat mendukung perkembangan otak di usia pertumbuhan, selain juga dapat memperbaiki fungsi, daya ingat serta konsentrasi.

Telur

Banyak anak-anak yang menyukai telur, apalagi jika dibuat dadar atau omelet. Di dalam telur mengandung protein yang baik dikonsumsi ketika sarapan. Telur juga salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

Ikan

Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti salmon. Ikan ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3, yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak.

Faktanya, beberapa studi juga membuktikan. Mereka yang gemar menyantap ikan mengandung omega 3, memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

Sayur

Tomat, wortel, bayam atau labu adalah makanan yang kaya antioksidan. Makanan ini dipercaya dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. Semakin segar dan cerah warna sayuran, makin tinggi kandungan antioksidannya.

Kacang-kacangan

Kacang punya lemak baik yang menyehatkan jantung. Jadi jangan ragu menyediakan camilan kacang untuk balita dan anak-anak agar mereka bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.

Susu

Protein dan kalsium pada susu adalah sumber energi bagi otak dan tubuh. Protein membantu tubuh membentuk jaringan otak, sementara kalsium menjaga kekuatan tulang dan gigi. Produk susu termasuk di dalamnya yogurt adalah makanan yang kaya protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.

Oatmeal

Sebuah penelitian pernah menyebutkan kalau balita dan anak-anak yang makan oatmeal lebih mampu berkonsentrasi dan penuh perhatian ketika di sekolah. Oatmeal juga kaya serat yang baik bagi pencernaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here