Makanan Sehat untuk Pertumbuhan Bayi

0
67

Bagi ibu muda yang baru merasakan memiliki seorang bayi, tentunya akan sangat bahagia. Karena bagi keluarga yang baru menikah akan sangat mendambakan untuk segera memiliki seorang anak.

Ada banyak keluarga diluar sana yang tidak bisa memiliki seorang anak meskipun sudah berobat ke dokter. Maka bagi anda yang sudah diberi kesempatan untuk memiliki seorang, rawatlah anak anda dengan baik. Agar mereka tumbuh sehat, aktif, dan cerdas.

Makanan yang kita berikan sangat berpengaruh dengan pertumbuhan dan kesehatan anak. Apalagi jika bayi anda baru berumur 1-2 bulan, anda harus berhati-hati untuk memilih susu formula (jika tidak keluar asi).

Bayi sangat rentan dengan penyakit, dan bayi memiliki lambung yang masih sangat lemah. Jika bayi diberikan makanan yang berbahaya atau yang membuat bayi alergi, maka itu merupan kesalahan yang sangat fatal. Karena banyak bayi yang meninggal atau memiliki kelainan penyakit, akibat salah mengkonsumsi makanan atau susu.

Untuk itu sebagai ibu muda, sebaiknya anda memilih makanan yang sehat untuk perkembangan bayi anda. Atau anda juga bisa menanyakan kepada orang tua, yang sudah lebih berpengalaman dalam mengurus dan membesakan anak.

1. Labu

Google Images

Labu memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Tidak hanya untuk orang dewasa, labu juga sangat baik untuk anak-anak. Labu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata, jantung, sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung dan lainnya.

Tetapi untuk bayi, sayuran ini harus diolah dengan baik. Agar bayi tidak mengalami sembelit. Sebainya labu dikukus terlebih dahulu, kemudian dilumat dan disaring (agar serat labu tersaling dengan baik).

2. Pisang

Google Images

Pisang mengandung kaya nutrisi, tidak hanya itu pisnag juga mengandung vitamin, mineral, serat, kalium, zat besi, biotin dan lain sebagainya. Manfaat yang dimiliki oleh pisang yaitu untuk pencernaan, mengatasi sembelit, mengontrol diare, membantu perkembangan bayi, dan banyak lagi manfaat lainnya.

Dari dulu pisang sering dijadikan makanan pengganti asi, bagi ibu yang asinya tidak lancar. Pisang sangat baik sekali untuk bayi. Selain aman dikonsumsi oleh bayi, pisang juga lembut dan manis di dalam mulut si bayi. Jadi tidak salah jika ibu jaman dulu memberikan pisang sebagai makanan untuk bayi.

3. Kaldu

Google Images

Kaldu ayam atau daging bisa menjadi makanan pengganti asi untuk bayi anda. Namun sebaiknya anda membuat sendiri, tanpa ada bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan bayi anda. Tubuh orang dewasa saja sangat berbahaya bila memakan makanan mengandung kimia, apalagi bayi anda yang tubuhnya masih sangat rentan.

4. Bubur Bayi

Google Images

Makanan yang sehat untuk bayi sebagai pendamping asi lainnya yaitu bubur. Bubur sangat lembut dan nyaman diperut bayi. Sebaiknya jangan membeli bubur yang sudah siap, bubur dibuat sendiri lebih baik dan terjamin sehatnya. Selainnya mengandung banyak manfaat, bubur yang kita buat sendiri juga tidak mengandung bahan pengawet.

Anak adalah titipan yang sangat indah bagi manusia. Karena anak, rumah tangga yang tidak terlalu harmonis menjadi lebih harmonis. Jagalah anak anda dari bayi sampai dewasa. Jaga makanannya agar anak anda tidak mudah terserang penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here