Mainan Edukatif Untuk Anak Usia Di Bawah 3 Tahun

0
158

Bermain merupakan kegiatan yang sangat penting untuk anak, seiring dengan bertambahnya usia sikecil maka bertambah pula rasa penasaran dan ingin tahunya. Oleh sebab itu anak-anak mulai belajar mengenal dunia sekitarnya melalui dengan bermain, akan tetapi dengan perkembangan jaman banyak permainan anak yang kurang mendidik dan bahkan sangat tidak baik buat perkembnagan otaknya.

Maka dari itu kita sebagai orang tua harus mengetahui permainan apa saja yang bisa mengasah otak sibuah hati biar pintar. Mulai dari sekarang kamu sebagai orangtua harus mulai merancang kegiatan bermain yang bermanfaat bagi perkembangan otak sianak.

Mengasah kecerdasan otak anak memang sangat membutuhkan peran yang ektra dari orangtua, karena peranan orangtua dalam menemani sang anak untuk bermain sangat penting. Jadi anda sebagai orang tua harus bisa memberikan mainan anak yang cocok dan aman tentunya untuk sibuah hati anda.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak

Bermain dengan anak akan memberikan dampak yang positif dalam perkembangan jiwa anak dan bisa melatih kecerdasan emosionalnya karena dengan bermain dengan anak akan mempererat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak.

Memberikan permainan edukatif anak ini bukan hanya bertujuan agar sibuah hati kita tidak merasa bosan akan tetapi dengan bermain akan membuat anak kita selalu aktif sehingga membuat tubuhnya sehat.

Berikut ini bebrapa permainan edukatif buat anak usia dibawah 3 tahun

  • Bongkar Pasang (Puzzel)

Permainan Puzzel ini merupakan permainan edukatif yang banyak digemari oleh anak-anak, permainan ini sangat bagus untuk perkembangan motorik dan sensorik anak.

Dengan permainan ini maka anak akan tertantang untuk menyusun kembali potongan-potongan gambar menjadi satu bentuk yang utuh, permainan puzzel ini sangat beragam tingkat kesulitannya, maka dari itu ajarilah anak kita dengan puzzel yang berukuran kecil terlebih dahulu.

  • Menggambar dan Mewarnai
Pexels Images

Permainan yang satu ini akan melatih konsentrasi anak dan mengenal berbagai macam warna, karena dengan menggambar anak kita akan berkonstrasi sedangkan mewarnai akan memberikan edukasi buat anak untuk mengenal berbagai warna. Permainan edukatif ini bisa melatih anak untuk kreatif dan mempunyai daya fikir yang tinggi serta imajinasi yang luas.

  • Kotak Alfabet

Melalui permainan ini anak akan mengetahui huruf-huruf alfabet karena kotak alfabet ini biasanya dilengkapi dengan deretan angka 0 sampai 9 dengan begitu anak akan lebih mudah mengenal angka-angka dengan cara bermain.

  • Menyusun Kata

Mengajak anak untuk bermain menyusun kata ini akan menambah kosa kata, maka anak secara otomatis akan lancar berbicara dan bisa merangsang daya ingatnya. Tetapi permainan ini biasanya dimainkan oleh beberapa orang.

  • Balok kayu

Permainan ini hampir sama dengan kotak alfrabet bedanya cuman pada bentuknya saja yang beragam, ada banyak bentuk pada permainan balok kayu ini, mulai persegi, lingkaran dan lain sebagainya. Dengan permainan ini anak akan dilatih untuk mengetahui berbagai macam bentuk.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Pertumbuhan Bayi

Itulah bebrapa contoh permainan anak edukatif yang bisa membantu proses tumbuh kembangnya. Jadi kita harus hati-hati memilih permainan, jangan sampai permainan itu membahayakan bahkan bisa mencederai anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here