Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendidik Anak

0
158

Beda orang tua, maka beda juga cara mendidik anak-anaknya. Ada orang tua yang mendidik anaknya dengan cara lembut, ada juga dengan cara bersahabat dengan anaknya, bahkan ada yang mendidik anaknya dengan keras hingga memukulnya.

Anak akan tumbuh sebagaimana didikan dari orang tuanya. Jika anda menginginkan anak anda tumbuh berkembang dengan baik, maka anda perlu mendidiknya dengan baik juga.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika mendidik anak anda.

Jangan memarahinya didepan umum

Anak-anak masih belum bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk. Membuat kita jengkel adalah hal yang biasa, kadang-kadang anak-anak juga sering membuat ulah di tempat umum yang membuat kita sangat jengkel dan ingin memarahinya.

Namun perlu anda ketahui, memarahi anak anda di muka umum adalah kesalahan yang fatal. Anak anda bisa saja benci terhadap anda karena sudah membuat ia malu di hadapan semua orang. Dan mereka juga bisa meniru perlakuan anda. Karena meniru suatu perbuatan orang tuanya adalah hal yang wajar bagi anak-anak.

Jangan membandingkan anak anda dengan orang lain

Banyak orang tua yang berfikir bahwa membandingkan anaknya dengan orang lain, akan menjadi motifasi buat si anak tersebut agar menjadi lebih dan lebih lagi. Padahal hal tersebut sangat salah.

Tidak seharusnya orang tua membandingkan anaknya sendiri dengan anak orang lain. Jika anda terus melakukan hal tersebut, maka anak anda akan tumbuh menjadi seseorang yang tidak berani (minder).

Itu akan sangat berpengaruh buruk pada masa depannya nanti. Dan tidak hanya itu, anak anda akan tumbuh dengan membenci anda, dan anak-anak lain yang memiliki kemampuan yang sama dengan anak yang anda bandingkan tersebut.Dengan begitu, ia akan selalu menyimpan kebencian di dalam kehidupannya.

Jangan terlalu melarang

Rata-rata orang tua pasti sering mengatakan kepada anaknya jangan dan tidak boleh. Pdahal saat itu anak anda sedang mencari penemuan baru bagi dirinya sendiri, saat itu anak anda sedang belajar untuk mengenal dunia.

Tapi karena anda melarangnya terus menerus, maka mereka juga tidak akan berani untuk berkreasi dan menemukan hal-hal baru. Dengan begitu, anak anda akan tumbuh menjadi seorang yang pengecut, tidak berani untuk melangkah maju dan mengetahui apakah itu.

Untuk itu, biarlah anak anda melakukan hal-hal yang positif dan tidak merugikan orang lain. Dan jika anak anda pergi berlari ke jalan raya, itu pantas untuk anda larang. Karena dapat membahayakan nyawanya.