Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar

0
502

Tantangan terbesar bagi orang tua adalah membesarkan anak, dan mendidiknya menjadi orang yang baik, patuh, taat agama, dan sukses. Bagi orang tua yang memiliki anak sukses dan patuh, diartikan sebagai orang tua tersebut sukses dalam mendidik anaknya.

Mendidik anak tidaklah mudah sepeti yang dibicarakan. Banyak orang tua saat ini yang sibuk dengan pekerjaannya dan lupa dengan anak-anaknya. Bagaimana orang tua tersebut bisa mendidik anaknya dengan baik, jika dari bayi saja sudah dititipkan di tempat penitipan anak?

Banyak juga anak yang bandel, dan masa depannya tidak jelas akibat broken home. Masa depan anak sangat berpengaruh terhadap orang tuanya. Untuk itu sebagai orang tua, anda harus sangat berhati-hati dalam mendidik anak anda. Jangan pernah mendidiknya dengan keras. Jika anda mendidik anak anda dengan lembut, maka anda bisa menjadi teman atau sahabat untuk anak anda.

Didik dengan lembut

Jangan pernah membentak-bentak anak atau berkata kasar kepada anak. Dan jangan pula menyumpahi anak walaupun dalam keadaan marah sekalipun. Karena perkataan adalah doa. Apalagi jika orang tua sendiri yang mengatakannya, sangat cepat sekali terkabulkan.

Jika anda mendidik anak anda dengan kasar, maka mereka akan tumbuh menjadi orang yang kasar. Semakin hari akan semakin keras kepala dan tidak mau mendengarkan perkataan anda lagi.

Baca Juga : Kreasi Makanan Bento Sikecil

Jadikan diri anda sebagai panutan

Artinya, anda harus bisa menjadi orang yang pantas untuk anak anda contohi. Jadikan diri anda sebagai motifasi bagi anak anda. Dengan begitu, anak anda akan senantiasa menghormati dan mencontohi perilaku anda. Jangan pernah membuat anda merasa kecewa dan menyesal karena telah menjadikan anda sebagai motifasinya.

Ajarkan mandiri dan rasa tanggung jawab

Jangan pernah khawatir berlenihan terhadap anak anda. Berikan dia kebebasan agar dia bisa membangun kepribadiannya sendiri. Namun, tetap memantaunya dari kejauhan. Jangan pernah membelanya ketika anda tau bahwa dia memang bersalah.

Jika anda melakukan hal tersebut, maka anak anda tidak akan pernah mandiri dan tumbuh menjadi orang yang bertanggung jawab. Karena mereka akan selalu menganggap bahwa anda senantiasa membantunya.

Ajarkan rasa simpati, sosial, dan empati

Sangat perlu untuk anda mengajari anak anda sejak dini untuk bersosial. Dan mengajarkan anak anda rasa kepedulian terharap orang-orang disekitarnya. Ajarkan anak anda, bagaimana caranya menghargai orang lain dan menghargai pendapat orang lain.

Ajari cara menghargai apa yang dimiliki

Ajarkan anak anda sejak dini bagaimana cara menghargai apa yang mereka miliki, seperi menghargai barang-barang atau mainan yang dimiliki. Jangan pernah dengan segera menggantikan mainan yang telah dirusak dengan sengaja. Jika anda menggantikannya dengan mainan baru, maka mereka tidak akan pernah belajar untuk menghargai apa yang mereka miliki.

Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendidik Anak

Anda juga bisa mendidik anak anda dengan cara menjadikan mereka teman, dan menjadi pendengar yang baik untuk anak anda.