Bahaya Nikotin Pada Rokok Terhadap Perkembangan Janin Dan Bayi

0
40

Pernahkan anda membaca atau melihat slogan-slogan tentang bahaya rokok? Bahkan di bungkus rokok juga ada peringatan tentang bahaya merokok. Bahaya rokok bukan cuma berbahaya bagi sang perokok akan tetapi juga berbahaya bagi orang di sekitarnya.

Bahaya rokok bukan cuman mengancam bagi sang perokonya, orang yang lagi hamil dan janin yang ada dikandungannya juga akan merasakan dampak dari rokok dan asap rokok tersebut. hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang ada di rokok yang menyebankan dampak yang negatif pada ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungan.

Berikut ini beberapa Bahaya Nikotin Pada Rokok Terhadap Perkembangan Janin Dan Bayi

  • Bayi Lahir Prematur

Normalnya bayi lahir pada usia 37 minggu sampai 40 minggu, jika ada bayi lahir kurang 37 minggu bisa dikatakan bahwa bayi tersebut lahir prematur. Banyak penyebab bayi lahir prematur diantaranya dikarenakan oleh nikotin yang ada pada rokok.

Karena kandungan nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan bayi yang ada dalam kandungan merasa tidak tahan terhadap kandungan nikotin yang terkandung dalam rokok. Hal ini akan menyebabkan janin yang ada dalam kandungan akan keluar dari dalam rahim sebelum waktunya.

  • Berat Badan Bayi Yang Rendah

Banyak para ibu-ibu belum menyadari kenapa bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang rendah, padahal salah satu penyebab bayi lahir dengan berat badan yang rendah disebabkan oleh paparan dari asap rokok yang terus-menerus saat ibu sedang hamil.

Berat badan bayi yang rendah disebabkan oleh racun yang ada didalam rokok menghambat aliran darah sehingga bayi kekurangan nutrisi.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak

  • Kandungan Beresiko Keguguran

Bahaya nikotin yang ada di rokok bukan hanya menyebabkan bayi lahir prematur akan tetapi yang lebih parahnya lagi bisa menyebabkan keguguran kandungan. Jadi sebaiknya bagi ibu hamil hindari para perokok dan area bebas merokok.

Kandungan nikotin yang ada pada rokok yang menyebar diseluruh tubuh ibu hamil akan meyebabkan terhambatnya aliran darah masuk ke janin. Hal inilah yang akan menyebabkan janin keguguran dan mati.

  • Menyebabkan Resiko Bayi terlahir Cacat

Pada Trisemister pertama biasanya janin yang ada dalam kandungan sangat membutuhkan asupan darah yang bersih dan sehat, tetapi jika darah yang ada dalam tubuh ibu hamil sudah tercemar oleh nikotin maka besar kemungkinan perkembangan organ tuhuh janin akan tergangu bahkan tidak sempurna.

Apakah anda mau mempunyai anak cacat? Sepertinya tidak! Maka dari itu mulai sekarang sebainya menghindar jika ada oarang merokok disekitar anda, dan bagi calon ayah sebaiknya anda tidak merokok di dekat istri yang lagi hamil.

  • Berisiko Mengalami Kematian Bayi Mendadak

Mengalami kematian mendadak pada bayi banyak ditakuti oleh sebagian besar orang tua, jadi jika tidak ingin hal ini menimpa anda sebaiknya hindari anak-anak dari asap rokok. Apalagi anak kita masih bayi yang masih rentan penyakit.

Sebagian besar kasus kematian mendadak yang dibabkan oleh bayi yaitu terkana langsung asap rokok, karena asap rokok bisa menyebabkan masalah pernafasan dan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga : Cara Mengasuh Bayi 4-12 Bulan Dengan Baik

Itulah beberapa dampak negatif  dari kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok. Semoga setelah membaca artikel ini kita sebagai orang tua lebih waspada terhadap bahaya dari rokok tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here