Alasan Mengapa Bayi Anda Menangis Di Malam Hari

0
185

Tidak ada satupun orang tua yang senang ketika melihat anaknya menangis. Meskipun anak kita menangis mungkin sebab kita memarahinya karena dia nakal, namun di dalam lubuk hati orang tua tentunya ada penyesalan dan rasa sayang yang ingin segera merangkul anaknya tersebut.

Bagi seorang ibu yang baru pertama kali memiliki seorang bayi, tentu tidak ingin bayinya merasa kesakitan. Bahkan bayi tersebut dilindungi sebaik mungkin, hingga nyamuk pun tidak boleh menggigitnya. Tapi, bagaimana jika bayi anda sering menangis ditengah malam?

Pexels Images

Bayi menangis ditengah malam biasanya hal yang wajar, karena hampir semua bayi sering menangis di tengah malam. Mungkin bagi ibu yang sudah berpengalaman, hal tersebut sudah terbiasa dan sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.

Tapi bagi anda yang baru pertama kalinya memiliki bayi, tentunya akan bingung dan bertanya-tanya mengapa bayi anda menangis. Anda pasti akan kebingungan apa penyebab bayi anda menangis.

Sebagai orang tua tentu anda ingin tahu kenapa bayi anda menangis ditengah malam. Di bawah ini akan kita bahas tentang alasan bayi menangis ditengah malam.

Popok Basah

Biasanya bayi tidak merasa nyaman jika popok mereka basah. Jadi sebaiknya sebelum bayi anda tidur, ada baiknya jika anda melihat popoknya basah atau tidak. Jika popoknya basah, segera gantikan dengan yang kering. Jangan sampai bayi anda tidak nyaman dan terbangun dari tidur karena hal kecil.

Kesepian

Kesepian disini bukan seperti ditinggal pacar atau diputusin pacar. Tetapi kesepian disini artinya tidur tanpa ditemani orang tua. Bayi biasanya terbangun ditengah malam, dan akan menangis untuk mendapatkan perhatian anda. Jadi usahakan untuk tidur tidak jauh dari bayi anda.

Mimpi Buruk

Bukan hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami mimpi buruk. Bayi juga bisa mengalami mimpi buruk. Biasanya mereka akan menangis jika mengalami mimpi tersebut. Biasanya mimpi yang dialami adalah kejadian sepanjang hari tersebut.

Bayi tidak mampu mengungkapkan apa yang mereka tidak suka atau kecewa. Dan hal tersebut akan terbawa menjadi mimpi buruk. Jika hal tersebut terjadi, maka menangislah bayi anda sejadi-jadinya ditengah malam.

Lapar

Bayi membutuhka asupan makanan saat beberapa jam sekali dalam sehari, entah itu saat anda terjaga atau saat anda tidur. Sebaiknya anda membuat catatan kapan saja bayi anda makan. Dan anda perlu membuat alarm agar bayi anda tidak merasa kelaparan hingga menangis.

Sakit

Anda pasti mengetahui jika seorang bayi tidak bisa mengatakan apa yang mereka rasakan. Biasanya saat mereka merasakan kesakitan pada tubuhnya, mereka akan memberikan kode dengan cara menangis.

Anda bisa mengantisipasi dengan cara mengecek suhu tubuh, pernafasan bayi, suara kerongkongan. Anda juga bisa melihat memar pada tubuh bayi. Atau merasakan jika anda memegang satu bagian tubuh bayi, dan bayi anda langsung menangis histeris. Artinya pada bagian tersebut ada yang bermasalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here